Adobe Illustrator Tidak Kompatibel dengan Windows 10, Apa Benar?

Adobe Illustrator Tidak Kompatibel dengan Windows 10, Apa Benar?

Bagi seorang desain grafis, aplikasi desain grafis seperti produk keluaran Adobe dan juga Corel sangatlah penting bagi mereka, karena tanpa aplikasi tersebut mereka tidak dapat bekerja dan menghasilkan karya-karya seni/desain yang indah. Sebagaimana kita ketahui, pada tanggal 29 Juli 2015, Microsoft secara resmi merilis produk windows teranyar mereka yaitu Windows 10 ke 190 negara diseluruh dunia. 

Banyak orang diseluruh dunia pasti akan meng-upgrade versi windows mereka ke versi windows 10 ini dikarenakan adanya penambahan fitur-fitur menarik serta tampilan windows 10 yang lebih elegan sehingga enak dipandang. Namun dibalik semua kelebihan-kelebihan fitur di windows 10 tersebut, pastilah adanya kekurangan. Nah kekurangan yang akan kita bahas kali ini adalah tidak kompatibelnya beberapa aplikasi pada windows 10 ini.

Seminggu yang lalu saya meng-install windows 10 di laptop saya dengan menggunakan flashdisk, jadi saya tidak menggunakan jalur upgrade resmi tetapi melalui proses install ulang. Nah setelah saya install windows 10 tersebut, saya coba install kembali beberapa aplikasi lama saya (versi windows sebelumnya windows 8 Pro) di windows 10 ini. Dari sekian banyak aplikasi yang saya install hampir semuanya work kecuali aplikasi favorit saya yaitu "Adobe Illustrator". Saya cukup bingung kenapa aplikasi ini tidak bisa work di windows 10 padahal saya juga meng-install Adobe Photoshop CS6 dan work dengan baik.


Ketika saya buka aplikasi Adobe Illustrator, aplikasi tersebut dapat terbuka dengan normal, namun saat akan membuat new file, maka akan muncu pesan error "Adobe Illustrator has stopped working - A problem caused the program to stop working correctly. Windows will close the program and notify you if a solution is available." dan untuk beberapa saat kemudian aplikasi tersebut akan ter-close dengan sendirinya.

Berikut tampilan pesan error yang muncul :


tampilan pesan error adobe illustrator

Setelah saya mencari penyebab terjadinya error aplikasi Adobe Illustrator ini di beberapa forum adobe community, akhirnya saya mendapatkan jawaban bahwa Adobe illustrator tidak kompatibel dengan windows 10. 

Kalian dapat membaca lebih lanjut tentang permasalahan ini di link berikut :

Adobe Illustrator CC 2015 not launching on Windows 10 Pro

Kalian juga bisa membaca solusi yang diberikan oleh pihak microsoft di link berikut ini :

Make older programs compatible with this version of Windows

Sungguh sangat disayangkan karena saya kebanyakan bekerja dengan menggunakan aplikasi ini. Jadi untuk mengatasi masalah ini, saat ini saya menggunakan aplikasi Corel Draw X7 yang work perfectly di windows 10.

Oh ya, versi adobe illustrator yang suda saya coba install di windows 10 adalah versi Adobe Ilustrator CS6, Adobe Ilustrator CC 2015 dan Adobe Ilustrator CC 2014, namun semuanya mengalami permasalahan yang sama. Saya tidak tahu apakah permasalahan ini hanya terjadi pada saya saja, namun apabila memang benar, saya sangat berharap agar pihak Adobe dapat segera melakukan perbaikan maupun update aplikasi agar dapat kompatibel dengan windows 10.


0 komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan :)